Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

12.25.2015

Menggapai Himalaya (Embrace the Himalaya ~~journey from south to north)

Rute 'menggapai Himalaya' dari selatan ke utara anak Benua India. Garis kuning adalah rute perjalananku backpacking di India tahun 2012 dari Jaisalmer di Barat sampai Kolkata di Timur.

'Menggapai Himalaya' akan menjadi tema untuk perjalananku selanjutnya bulan Juni sampai Juli 2016 besok. Setelah absen backpacking ke luar negeri sejak 2014-2015, tahun 2016 adalah permulaan baru lagi untuk perjalananku ke luar negeri yang lebih menantang, lebih dewasa dan lebih liar. Aku mendambakan sebuah perjalanan yang penuh tantangan dan hal-hal yang tak terlupakan. Sesuatu yang mungkin belum aku dapatkan atau terapkan di perjalanan sebelumnya.

Untuk rutenya sendiri, akan terbagi menjadi 2 negara yaitu India dan Nepal. Untuk India sementara perencanaannya adalah Kochin (tempat kami mendarat) - Mumbai - Jaipur - New Delhi - Agra - Gorakhpur. Transportasi antar kota akan kami tekan menggunakan kereta api ekonomi sleeper yang harganya sangat murah.

Sementara untuk di Nepal ada Phokara - Jomsom - Kathmandu - Nagatkor - Kodari. Kenapa tema perjalanan ini 'menggapai Himalaya?' Memang kami ada rencana naik Himalaya kah? Tentu saja tidak. Bagiku yang bukan pendaki gunung, hal tersebut nyaris mustahil untuk dilakukan jika aku harus mendaki salah satu gunung di Himalaya yang ketinggiannya 8000-an meter. Aku hanya akan mendaki beberapa bukit kecil, dan pedesaan di lereng Himalaya. Bagiku, melihat jajaran gunung es di Pegunungan Himalaya dari jauh / kaki gunung sudah cukup.

Sementara ini kami sudah membeli tiket Jogja - Kuala Lumpur PP, serta Kuala Lumpur - Kochi. Untuk tiket kembali Kathmandu - Kuala Lumpur, kami belum membeli karena harganya masih sangat mahal. Lebih baik menunggu promo dahulu yang bisa sewaktu-waktu datang. Aku berencana akan mempelajari sejarah masing-masing kota, tempat wisata beserta sejarahnya, macam-macam penipuan di kota dan metode transportasi yang bisa digunakan di dalam kota.

Aku begitu excited menunggu waktu trip ini datang. Bagaimanapun, merupakan salah satu mimpiku untuk bisa melihat Pegunungan Himalaya secara langsung di depan mataku. Aku ingin mimpiku terwujud, walaupun aku harus mengalahkan ketakutan-ketakutan yang terus memberontak di dalam diriku. Karena hanya satu prinsipku, "...your fear got you nowhere..".

Aku orang yang sangat percaya kekuatan sebuah mimpi! Ketika kita bermimpi, entah kenapa alam semesta ini, Tuhan, semuanya akan membantu kita untuk mewujudkan mimpi tersebut. Suatu saat aku bermimpi untuk bisa melihat Gunung Everest, kali ini saya sudah mempunyai tiket untuk kesana. Jangan takut bermimpi, fellas!!

India-Nepal, see you at June-July 2016!!

UPDATE: 

12 April 2016

Tidak terasa, xx hari lagi adalah keberangkatan ane sama Fredo mewujudkan mimpi untuk melihat Himalaya. Sampai 12 April 2016, sudah cukup banyak kemajuan yang kita lakukan. Untuk rute fix-nya sendiri, akhirnya : Kochi - Mumbai - Jaipur - Agra - Gorakhpur - Kathmandu - Nagarkot - Kathmandu dengan jadwal yang sangat-sangat padat.


Tiket kereta sudah ane amankan semua, yaitu Kochi - Mumbai, Mumbai - Jaipur, Jaipur - Agra, Agra - Gorakhpur.


Tiket pesawat sudah semua, meliputi: Yogyakarta - Kuala Lumpur, Kuala Lumpur - Kochi, Kathmandu - Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur - Surabaya.


Untuk penginapan sudah booking di Kochi (sementara, bisa dibatalkan), Jaipur (Hotel Amer View ~ sudah dilunasi), serta Kathmandu (sementara, bisa dibatalkan). Hotel yang ane sangat incar itu Hotel Country Villa di Nagarkot karena kita bisa melihat Himalaya dari restoran outdoornya, tapi semalem sejutaan. haha. Masih mikir juga ya. Di bawah ini foto Hotel Amer View di Jaipur, yang akan ane dan Fredo inapi nanti.






Semua hal-hal dasar sudah ane persiapkan, tinggal berangkat dan berpetualang. Semoga semuanya berjalan dengan lancar, God Bless Us!!

UPDATE

21 April 2016

Well, pada 13 April 2016 lalu secara sah ane booking Hotel Country Villa yang ada di Nagarkot, Nepal. Ane pilih Country Villa Deluxe Room. Nggak sabar pengen cepet kesini :D Bisa melihat langsung Himalaya dari hotel. Berikut foto-fotonya:





UPDATE
13 Juli 2016

11 Juli 2016 kemarin, pukul 12.00 WIB di Bandara Juanda Sidoarjo, akhirnya berakhirlah petualanganku menjelajah India dan Nepal dari 29 Juni 2016 sampai 11 Juli 2016. Bermacam-macam pengalaman mulai dari menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, mengesalkan mewarnai perjalanan ini. Ane ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:


1. Tuhan -- Terimakasih telah menyertaiku dan travelmate sepanjang perjalanan, memberikan kesehatan, memberikan kelancaran, serta menyertai selama penerbangan yang penuh turbulensi.


2. Orangtua dan keluarga -- atas dukungan doa dan moral


3. Teman -- atas dukungan doa dan moral, serta memahami kenapa ane harus izin dan bolos hehehe.


4. Air Asia -- lagi-lagi telah mewujudkan mimpiku


5. Travelmate -- dengan guyonan anda yang kadang mengesalkan dan tak lucu namun menambah warna dan cerita selama perjalanan. Anda saya kasih nilai 9 dari 10 deh.



Pegunungan Himalaya (GALUH PRATIWI)

Banyak sekali cerita yang hendak aku share disini, tapi karena laptop masih di rumah ( di Solo) ane belum bisa nulis. Secepatnya ane akan tulis cerita perjalanan ini, cerita perjalanan yang akan ane abadikan dalam bentuk tulisan blog dan buku. Nantinya, tulisan perjalanan "Menggapai Himalaya" ini akan aku gabungkan dengan perjalananku di India tahun 2012 berjudul "Tinta Hindustan. Semoga Lancar.




0 comments:

Posting Komentar