Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

6.25.2016

Solo, 12 Juni 2016 : Běijīng, wǒ láile !! ( 北京,我来了 ) (Beijing, Aku Datang!!)

CHINA. Finally!!

Ketika aku membaca email dari Air Asia yang mengatakan bahwa beberapa hari lagi akan diadakan promo kejutan Rp 0, aku belum berpikir sama sekali akan mengunjungi China. Aku hanya akan ikut berburu tiket promo, itu saja. Belum ada tujuan dan target yang jelas mau kemana. Kalau angan-angan, ada Myanmar dan Srilanka. Tapi aku ingin mengunjungi kedua negara tersebut tahun ini, sementara promonya untuk tahun depan saja.

Mendekati jam 11 malam, aku tidak bisa tidur. Andrenalinku bergejolak. Rasanya sudah lama sekali aku tidak berburu tiket promo Air Asia lagi. Terakhir aku melakukannya di 2014, saat membeli tiket dari Johor Bahru ke Surabaya, yang akhirnya aku mendapatkan tiket tersebut kemudian perjalanannya kubatalkan. Sudah 2 tahun berlalu, jantungku berdegup kencang.

Jam 11 malam akhirnya datang, promo Rp 0 pun akhirnya dimulai. Boro-boro bisa masuk situs Air Asia, mengeload situsnya sedikitpun tidak bisa. Terlalu banyak pemburu tiket yang menyerbu situs Air Asia dalam waktu bersamaan. Aku menunggu dan mencoba selama beberapa jam, kemudian merasa menyerah karena aku hampir tidak bisa masuk situs Air Asia sama sekali.

Jam 2 pagi, akhirnya aku berhasil masuk situs Air Asia. Entah angin apa, salah satu kota yang aku coba cari promonya adalah Beijing dan aku menghadapi harga yang sangat murah. 229 rm sekali jalan dari Kuala Lumpur! Itu kan hanya sekitar Rp 750.000-an aja. Setara harga tiket dari Surabaya ke Kupang, Surabaya ke Palu, Surabaya ke Manado. Tiba-tiba hati kecilku berbicara, 'Aku harus ke Beijing!'

Sebenarnya aku sudah mendapatkan harga dan waktu yang pas, tetapi karena masih galau antara kota kedatangan dan kota keberangkatan pulang, ane tunda-tunda proses pembayaran. Aku ingin mendarat di Shanghai, kemudian lanjut naik kereta ke Beijing, jadi pulangnya dari Beijing. Tetapi tidak ada jam keberangkatan yang pas. Saat sudah merasa yakin, tiba-tiba harga tiket sudah kembali ke harga normal. Sial, aku telat! Untuk memastikan aku akan berangkat, kemudian aku mengamankan tiket Surabaya - Kuala Lumpur - Surabaya dahulu seharga Rp 540.000 untuk pulang pergi.

Mendekati jam sahur, situs Air Asia kembali sibuk dan susah diakses. Aku memutuskan istirahat sebentar. Jam 5, aku kembali berburu tiket. Angin ajaib apa, harga tiket ke Beijing kembali turun ke harga promo lagi :D.

Tanpa berpikir panjang lagi, aku segera booking tiket Kuala Lumpur - Beijing - Kuala Lumpur. Sempat ragu pas mau mbayar, tinggal klik pembayaran tahap terakhir. Lalu tiba-tiba ada sebuah suara di otakku, "Ah, masa bodo! Booking aja. Gak tau ntar disananya gimana!" Hahaha. Langsung aja aku klik dan tiketku statusnya sudah berubah menjadi terkonfirmasi.

FINALLY!! AKU BENAR-BENAR AKAN KE CHINA!!

AKU AKAN MELIHAT TEMBOK CHINA!! INI KAN SALAH SATU TUJUAN YANG AKU TULIS DI BUKU MIMPIKU!! (BUKU MIMPIKU YANG BERNAMA PIOPY, BUKU YANG SAMA DIMANA AKU MENULISKAN INGIN KE INDIA DAN TERWUJUD 2012)

PANDA!! Hehehe.

Aku masih tidak percaya. Andrenalinku masih tergoncang. Meski tidak tidur semalaman, aku merasa tidak mengantuk sama sekali. Otakku terus mengagumi keberanianku untuk menekan tombol konfirmasi. Terkadang untuk mewujudkan mimpi, memang dibutuhkan sedikit sekali keberanian. Sedikit keberanian yang akan merubah segalanya.

Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan umur panjang untukku, untuk mempersiapkan dan menjalani perjalanan ke China ini. Terima kasih Tuhan!

Tiket Kuala Lumpur - Beijing PP seharga Rp 1.700.000

Tiket Surabaya - Kuala Lumpur PP seharga Rp 540.000

1 Februari 2017
Status : 50 %

Nggak terasa, waktu keberangkatanku ke China adalah sebulanan lagi. Sampai hari ini, beberapa perkembangan yang kulakukan adalah menyempurnakan rencana perjalanan (itinerary) yang sudah 90 % jadi. Untuk rute fix sendiri, akhirnya aku mengambil Beijing - Datong - Beijing.

VISA, aku ke Konsulat Jenderal China hari ini dan ternyata mereka masih tutup karena masih liburan imlek. Dan bukanya baru besok tanggal 2 Februari...Oh My..padahal sudah jauh-jauh kesini, pulangnya kehujanan lagi. Yaudah gpp, aku akan mengantarkan berkas pengajuan hari Jumat (3 Februari 2017) besok. Semoga lancar. Nanti aku update lagi ya.

Oiya karena ada perubahan jadwal Surabaya-Kuala Lumpur (Awalnya mendarat jam 22 waktu Malaysia jadi jam 18 waktu Malaysia, aku mempunyai kesempatan untuk jalan-jalan di Chinatown dulu malam harinya.
Perubahan jadwal Surabaya-Kuala Lumpur menjadi lebih awal

Sudah booking penginapan di Kuala Lumpur, sebuah kamar single room di Sevennite Inn, seharga 49 Ringgit per malam.

8 Februari 2017
Mengajukan Visa China

Setelah sempat aku tunda beberapa kali karena kesibukan kerja, akhirnya tanggal 8 Februari, aku berangkat juga ke Konsulat Jenderal China di Surabaya Barat untuk mengajukan Visa Turis China (kelas L). Yap teman-teman, mengajukan Visa China bisa dilakukan di Surabaya.

Alamatnya dimana gan Konsulat Jenderal China?
~ Lokasinya ada di Lantai 5 Gedung Spazio, Jalan Mayjend Soengkono 105, Dukuh Pakis, Surabaya. Nomor teleponnya adalah (031) 60039880. Jam bukanya dari 09.00 AM sampai 04.00 PM, dimana untuk penyerahan aplikasi dilayani dari jam 09.00 AM sampai 03.00 PM sementara pembayaran dan pengambilan paspor dari jam 09.00 AM sampai 04.00 PM. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Konsulat ini tutup.

Gedung Spazio (Sumber Gambar : DISINI)

Situs resminya disini gan:

Apa saja persyaratan yang kubawa saat hendak mengajukan? Ini gan daftarnya:
1. Formulir aplikasi yang sudah kuisi lengkap sebelumnya.

2. Paspor asli dengan masa berlaku minimum 6 bulan;

3. Fotocopy paspor bagian depan dan belakang yang ada biodatanya;

4. Fotocopy KTP;

5. Pas foto background putih ukuran 4,8 x 3,3 cm;

6. Tiket pesawat PP yang sudah terkonfirmasi;

7. Bookingan penginapan selama di China;

Begini Ceritanya:
Karena sebelumnya udah pernah kesini ( 1 Februari) tapi nggak jadi apply karena Konsulat masih tutup, aku tidak terlalu kesulitan menemukan lokasi Konsulat lagi. Setelah parkir motor, aku segera menuju Gedung Spazio. Oiya untuk ke Lantai 5 kita wajib menuju resepsionis/pusat informasi dahulu untuk menitipkan KTP dan ditukarkan dengan kartu akses lift. Nanti sewaktu akan naik harus menggunakan kartu ini untuk memencet tombol lantai tujuan.

Bayanganku bahwa Konsulat akan sangat ramai dan harus antri lama ternyata salah, karena sewaktu aku masuk cuma ada segelintir orang dan barisan loket-loket yang menunggu pelamar visa. Setelah mendapatkan nomor antrian aku segera menunggu giliranku dipanggil.

Petugas yang menverifikasi persyaratan visaku seorang wanita yang cukup tegas.

"Fotonya kebesaran ya ini, nanti bawa ukuran 4,8 x 3,3 aja," katanya sembari memisahkan beberapa berkas yang dia tidak memerlukannya dari aplikasiku.

Setelah menerima kembali berkasku aku segera bergegas mencari tempat print pas foto. aku berputar kesana kemari mencari dari sekian banyak ruko yang ada disitu. Aku sempat disarankan menuju Fuji Foto tapi katanya foto baru bisa jadi 45 menit lagi karena mesin sedang dipanaskan. Aku menolak dan mencoba mencari alternatif lain.

Mengandalkan google map terkadang bisa menjadi masalah karena aku sempat tertipu dua kali lokasi print foto yang ternyata kenyataannya tidak ada. Setelah hampir satu jam berputar tanpa hasil, akhirnya aku kembali ke Fuji Foto dan langsung print disana dan setelahnya bergegas kembali ke Konsulat.

Untunglah pada penyerahan berkas kedua, tidak ada masalah berarti. Setelah petugas merasa puas dengan ukuran fotoku, dia memberikan slip kertas dimana pasporku dengan visa bisa diambil hari Senin tanggal 13 Februari besok.

Aha! Gampang sekali ya ternyata apply Visa China!

14 Februari 2017
Visa China sudah jadi

Untuk jaga-jaga supaya tidak terkecoh (ternyata tanggal 13 pas visanya belum ready), aku memberi tambahan sehari untuk pengambilan Visa China. Jadilah aku baru berangkat ke Konsulat tanggal 14. Sebelum berangkat aku sempat memastikan dahulu dengan menelepon langsung ke Konsulat. Mereka mengatakan jika tidak ada telepon dari pihak mereka, pengambilan visa adalah sesuai dengan waktu yang tertera pada slip.

Aku menjalani prosedur seperti kemarin. Oiya perbedaan Visa China ini dengan visa yang lain, kewajiban membayar visa dilakukannya pada waktu pengambilan visa. Karena aku mengambil visa Kelas L dengan servis standar (5 hari kerja) maka aku diwajibkan membayar Rp 540.000. Sebuah Visa China yang cantik telah menempel di pasporku. Thank you God.

Tahap terakhir: tinggal mengefixkan itinerary, membeli tiket kereta Beijing-Datong=Beijing, tukar ringgit dan yuan. Nanti aku update lagi ya kalau ada perkembangan.

23 Februari 2017
Ganti rute perjalanan

Entah kenapa, semakin mendekati hari H pembelian tiket kereta, aku jadi semakin ragu mau mengunjungi Datong. Hal itu karena aku mendapati Datong adalah kota tambang batubara dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Membayangkan akan berjumpa debu dan panas menyengat, membuatku sedikit merubah pikiran. Namun aku tetap memantau tiket kereta api sleeper Beijing - Datong yang katanya akan dibuka hari ini penjualannya. Aku menunggu sampai jam yang ditentukan, dan dalam sekejap tiket kereta di jam yang kuinginkan sudah habis. Buseeet dah cepet banget!!

PS: Untuk website pembelian tiket kereta api di China, aku memilih ctrip karena berdasarkan pengalaman agan Khairani DISINI, ctrip berani memberi harga paling murah daripada agen lainnya.

Aku mulai memikirkan alternatif kota lain. Bagaimana kalau mengunjungi tempat lain? Taman Nasional yang berupa pegunungan misalnya? Aku mulai mencari-cari di google.

Kata kunci "National Park in China" dan aku mendapati ini:
Taman Nasional Jiuzhaigou (Sumber: DISINI)

Waduh, ini dia! Aku mau kesini! langsung klop rasanya melihat gambar ini. Tetapi aku langsung putus asa melihat jaraknya dari Beijing yang jauh sekali. Taman Nasional Jiuzhaigou terletak di Provinsi Sichuan yang berjarak 1871 kilometer dari Beijing. Aku menyerah. Dengan waktu hanya 3 hari di China, aku tidak mau hanya capek di jalan. Tiket pesawat mahalnya bukan main.

Aku melanjutkan pencarian. Mataku terbelalak untuk kedua kalinya ketika tidak sengaja melihat gambar ini di google image. WOW, apa ini? Seperti Grand Canyon!
Taman Nasional Geologi Yuntaishan (Sumber: DISINI)

Aku langsung membuka situs yang memuat gambar tersebut dan mendapati bahwa nama tempat ini adalah Yuntaishan Global Geopark, alias Taman Nasional Geologi Yuntaishan. WOW! Tempat yang pas untukku yang seorang geolog. Aku melihat lokasinya di google map. Hatiku bersorak kegirangan karena ternyata jaraknya tidak terlalu jauh!! Jarak Beijing - Yuntaishan Global Geopark adalah sekitar 700 km dan ada kereta api malam kelas sleeper untuk kesana! Yeah! Ini dia, aku akan kesini.
Jarak Beijing ke Taman Nasional Geologi Yuntaishan adalah sekitar 700 kilometer (GOOGLE MAP)

Lokasi Yuntaishan Global Geopark ini berada di Provinsi Henan. Kota terdekat dengan taman nasional adalah Zhengzhou, Jiaozuo dan Xinxiang. Ini artinya, aku mempunyai tiga opsi untuk rute kereta yakni Beijing - Zhengzhou, Beijing - Jiaozuo, dan Beijing - Xinxiang. Aku langsung melihat via web http://english.ctrip.com/ apakah pembelian tiket kereta ketiga kota tersebut sudah dibuka, ternyata pembelian tiketnya baru dibuka besok pagi. Semoga besok dapat tiketnya ya!
Tiga kota terdekat dari Taman Nasional Geologi Yuntaishan yakni Zhengzhou (di selatan), Jiaozuo (di barat daya), dan Xinxiang (di timur) (GOOGLE MAP)

24 Februari 2017
Beli tiket kereta Beijing - Zhengzhou

Trauma dengan kejadian kemarin (tiket kereta Beijing - Datong cepat sekali habis hanya dalam hitungan menit), aku benar-benar stand by di depan PC kantor untuk membeli salah satu dari tiket berikut : Beijing - Zhengzhou,  Beijing - Jiaozuo, dan Beijing - Xinxiang. Pokoknya aku harus mengunjungi Yuntaishan Global Geopark! Titik!

Menurut penuturan di situs http://english.ctrip.com/ ,booking tiket ke Zhengzhou/Jiaozuo akan dibuka jam 17.30 hari ini. Setelah browsing mengenai perbedaan waktu antara Indonesia - China (dimana China satu jam lebih cepat dari WIB, atau setara WITA), sejak jam 16.00 aku sudah stand by. Penjualan akan dibuka jam 16.30 WIB nanti.

Pukul 16.30,tanpa pikir panjang, aku segera booking tiket kereta Beijing West - Zhengzhou (karena Beijing - Jaiozuo sudah habis). Aku memilih kereta api yang berangkat malam (21.23 sampai di Zhengzhou jam 05.40) dengan tarif yang luar biasa mahalnya (193 CNY atau setara Rp 442.000). Sedih...sedih kenapa mahal banget. Tapi gpp, asalkan itu terbayar dengan keindahan Yuntaishan Global Geopark nanti!
Konfirmasi pembelian tiket kereta Beijing - Zhengzhou via ctrip (GALUH PRATIWI)

Untuk tiket kereta Zhengzhou - Beijing, Jiaozuo - Beijing atau Xixiang - Beijing, baru bisa dibeli besok mulai 17.30. Semoga besok dapat tiketnya ya!!

25 Februari 2017
Beli tiket kereta Jiaozuo - Beijing

Dari tiga kota terdekat dengan Yuntaishan Global Geopark, Jiaozuo adalah kota yang paling dekat. Oleh karenanya aku menfokuskan diri mencari tiket Jiaozuo - Beijing. Pembelian tiketnya akan dimulai pukul 17.30 atau 16.30 WIB hari ini. aku kembali stand by seperti kemarin.

Mendekati jam 16.30 sampai setelahnya, aku bingung kok status tiket Jiaozuo - Beijing langsung sold out (habis) semua. Mana mungkin secepat itu kan orang booking, kutunggu selama beberapa saat status sold out itu tidak juga berubah. Aku mulai kuatir dan mengecek status tiket di situs yang lain yakni www.chinahighlights.com, tetapi memang benar totalnya menjadi lebih mahal dibandingkan http://english.ctrip.com/Sewaktu akan membayar aku iseng-iseng membuka ctrip kembali dan ternyata status tiket sudah terbuka kembali (tidak sold out). Aku segera booking. Lumayan selisih tiketnya antara ctrip dengan chinahighlights antara Rp 30.000 - Rp 40.000.
Konfirmasi pembelian tiket kereta Jiaozuo - Beijing via ctrip (GALUH PRATIWI)

Lagi-lagi aku memilih kereta api yang berangkat malam (21.57 sampai di Beijing jam 05.34) dengan tarif yang luar biasa mahalnya (193 CNY atau setara Rp 442.000). Mahal. Kereta api China memang luar biasa mahal ya. hehehe. Tapi aku yakin akan bahagia dengan perjalanan ini. Meski waktu sangat mepet dan dipastikan selama 2 malam aku akan tidur di kereta terus, tidak masalah.

####

Surabaya,
28 Maret 2017

Ceritanya nyusul ya! Masih sibuk re-stock kantong untuk pesiapan backpacking selanjutnya! Hehehe. But this was amazing experience.

1. Hay mbak. Dintunggu ceritanya ya mbak,
    Sekalian intinerary dan budgetnya haha

2. Hi mbak.. boleh dong di share ceritanya yg ke Yuntaishan national park. rencana tahun depan juga pengen kesana.

Thanks.

Balasan
    1. Hi Mbak, sayang sekali saya batal ke Yuntaishan kemarin. Hanya menghabiskan waktu 3 hari di Beijing.